Antara Teh Celup dan Teh Seduh

Bagi para pecinta teh, mungkin minum teh merupakan satu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak merek dan varian teh yang dapat dipilih. baik itu teh celup ataupun teh seduh. teh hitam, teh hijau, teh merah dll. Bila ditanya suka teh celup atau teh seduh?maka saya akan langsung menjawab teh seduh, ya membuat secangkir teh menggunakan teh celup memang lebih praktis karena tidak memerlukan waktu yang lama dan tidak perlu repot. cukup mencelupkannya ke dalam secangkir air panas. Berbeda dengan teh seduh butuh waktu lebih lama untuk mendapatkan secangkir teh.

Ada banyak alasan mengapa saya lebih suka minum teh seduh. selain kualitas tehnya yang bagus,  aroma dan cita rasa tehnya lebih terasa. Selain itu teh seduh lebih aman dikonsumsi.Iseng-iseng saya juga senang sekali mencicipi daun keringnya jadi bisa membandingkan antara merek yang satu dan yang lainnya sebelum diseduh. Hal lainnya yang saya sukai dari teh seduh karena kebanyakan kemasannya itu memiliki gambar yang unik dan kebetulan saya juga mengkoleksi bungkus-bungkusnya.Ukuran dan kualitas kemasannya  pun berbeda-beda. Ampas teh seduh yang rata-rata berukuran lebar dapat dimanfaatkan juga untuk pupuk tanaman atau sayuran. Bahkan saya pernah membaca tulisan Pak Bambang Laresolo, beliau pernah membuat peyek dari ampas teh, waah luar biasa sekali saya jadi tertarik untuk menirunya.


Bisa dihitung dengan jari berapa kali saya ngeteh memakai teh celup dalam sebulan, itu pun biasanya terjadi kalau sedang bertamu pasti disuguhinya teh celup Sariwangi dan biasanya tuh tuan rumah adalah keluarga yang jarang minum teh. Soal rasa teh celup memang saat ini banyak varian dan jenisnya sebut saja merek Tongji,2tang, Kepala Djenggot dll. Mulai dari rasa buah-buahan sampai,mint dan rempah-rempah.Bila saya bandingkan dengan teh seduh, untuk  menikmati teh yang dalam kantungnya lebih sulit. untuk mencicipi harus membuka dulu kantongnya terus serbuk tehnya juga kurang menarik.kriuk-kriuk daun tehnya tidak terasa.Kemasan teh celup yang rata-rata berupa dus pun kurang saya minati untuk dikoleksi karena sedikit membosankan juga kalau melihat ukurannya yang besar ada yang kecil tapi plastik. Terus yang membuat saya cemas adalah kantongnya kurang aman bila dicelupkan terlalu lama dalam air. Kadar klorinnya bisa membahayakan tubuh kita.
Itu sedikit tulisan saya tentang teh, bagaimana dengan Anda suka yang mana seduh atau celup?

Antara Teh Celup dan Teh Seduh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indah Nurani

1 komentar:

  1. wah teh celupnya enak yah, kayak teh praktis ini nih http://goo.gl/U8R0gr

    ReplyDelete