Manfaat Teh untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat Teh untuk Kesehatan Gigi dan Mulut - Selamat siang sobat pecinta teh, sudahkah Anda ngeteh hari ini? minum teh bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja baik itu saat cuaca panas atau dingin.Sekarang ini, minum teh telah menjadi salah satu kebiasaan masyarakat umum baik kalangan atas maupun bawah. Dengan minum teh badan akan terasa lebih segar dan sehat. Selain itu, teh juga bermanfaat dalam mengurangi stress dan rasa lelah serta kantuk. Berdasarkan informasi yang saya terima dari berbagai sumber, manfaat teh tidak hanya sebatas itu saja, teh juga bermanfaat untuk melindungi gigi. Tahukah Anda apa alasannya? Ya, Sebab teh memiliki efek anti-cariogenic yang dapat menekan pembentukan karies.

Manfaat Teh untuk Kesehatan Gigi dan Mulut




Karies atau yang sering dikenal sebagai gigi berlubang merupakan masalah dalam kesehatan gigi yang sangat sering ditemui di masyarakat luas. Karies adalah proses demineralisasi terlokalisir yang dimulai dari permukaan gigi (email) dan dapat mencapai ke akar gigi.

Pembentukan karies ini sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kebersihan gigi dan mulut, gigi itu sendiri, makanan yang kita dikonsumsi, serta faktor hereditas (faktor keturunan). Sementara itu yang menjadi faktor penyebab utama karies adalah bakteri Streptococcus mutans dan Streptococcus sobrinus. Bakteri-bakteri ini memfermentasi sukrosa untuk memperoleh energi bagi kelangsungan hidupnya dan membentuk asam yang dapat merusak lapisan gigi. Itu sebabnya mengapa anak kecil yang suka makan permen dan coklat dalam jumlah yang banyak tanpa memperhatikan kebersihan gigi cenderung lebih mudah mengalami kerusakan gigi menjadi hitam dan berlubang.



Teh hitam dan teh hijau mengandung berbagai komponen senyawa yang dapat menghambat pembentukan karies. Catechins yang merupakan senyawa dalam kelompok poliphenol adalah senyawa utama yang aktif dalam melindungi gigi dari bahaya karies.

Catechins yang terdapat dalam teh mempunyai aktivitas anti-streptococcal yang bisa menghambat pertumbuhan dan membunuh S. mutans dan S. sobrinus. Catechins juga dapat menghambat aktivitas glukosil transferase pada S. mutans dan S. sobrinus yang merupakan enzim penting dalam fermentasi sukrosa.

Poliphenol secara keseluruhan dalam teh hijau menghambat enzim amilase dari S. mutans, sedangkan dalam teh hitam yang mengandung poliphenol lebih banyak dapat menghambat enzim amilase dari S. mutans dan S. sobrinus. Amilase ini juga merupakan enzim penting dalam fermentasi sukrosa oleh bakteri.

Selain itu, poliphenol juga dapat menghambat perlekatan bakteri ke gigi. Poliphenol mengikat protein permukaan bakteri dan menurunkan hidrofobisitas sehingga menyebabkan agregasi bakteri.

Teh juga mengandung flouride yang tinggi. Flouride menjadikan gigi lebih tahan demineralisasi oleh asam dan mengaktifkan remineralisasi pada permukaan gigi sehingga tidak mudah terjadi karies.

Masalah bau mulut juga dapat diatasi dengan rajin minum teh. Hal ini disebabkan karena kebersihan mulut menjadi lebih baik dan terjadi penghambatan aktivitas bakteri.

Manfaat dari teh ini lebih dapat dirasakan khasiatnya dengan minum teh yang baru diseduh dari daun teh dibandingkan dari teh celup ataupun teh yang sudah dalam kemasan. Pada teh celup, kandungan senyawa yang berguna kurang terdapat dan hanya mengandung banyak caffein saja. Ini disebabkan karena teh celup berisi serbuk-serbuk daun teh yang sebagian besar terdiri dari bagian dasar dan batang, padahal senyawa yang berguna terdapat pada bagian daunnya. Sedangkan pada teh kemasan kandungan senyawa yang memiliki manfaat sudah banyak yang rusak dan hilang.

Hal yang patut diperhatikan adalah bahwa teh yang baik diminum untuk mencegah karies adalah teh tanpa gula karena gula merupakan salah satu faktor pencetus terjadinya karies.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sobat pecinta teh harus minum teh setiap hari setelah makan. Upaya menjaga kesehatan gigi tentu saja tidak berhenti sampai disini. Kebersihan mulut dan gigi tetap merupakan hal terpenting yang harus kita jaga. Artinya Anda harus rajin menggosok gigi dan berkumur.

Manfaat Teh untuk Kesehatan Gigi dan Mulut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indah Nurani

0 komentar:

Post a Comment