Perkebunan Teh Gunung Mas (PTPN VIII)

Artikel tentang perkebunan teh Gunung Mas ini terinspirasi oleh perjalan saya dan keluarga ke Taman Safari beberapa waktu yang lalu, dimana perjalanan ini melewati jalan puncak yang di samping kanan dan kirinya membentang hamparan luas tanaman teh yang merupakan milik perkebunan teh Gunung Mas (PTPN VIII).

Berdasarkan informasi yang saya baca pada sebuah situs web Perkebunan Gunung Mas didirikan pada tahun 1910, Perkebunan Teh ini merupakan salah satu unit usaha PT. Perkebunan Nusantara VIII (persero) yang berlokasi di Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor dengan iklim kategori  type B menurut klasifikasi Schmidt & Ferguson, dengan curah hujan yang cukup tinggi sepanjang tahunnya antara 2500 - 4000 mm. Perkebunan Teh Gunung Mas yang sekarang ini adalah  penggabungan antara dua perkebuanan teh yakni Perkebunan Gunung Mas dan Cikopo Selatan (lama) sejak tahun 1972.

Perkebunan Teh Gunung Mas mulai diusahakan pada tahun 1910 oleh sebuah maskapai Perancis dengan nama "GOENOENG MAS PRANCOISE NEDERLANDISE de CULTURE etde COMMERCE". Pada tahun 1954 pengelolannya kepada Perusahaan Belanda, yaitu "NV TIEDEMAN K VAN KERCHEM (TVK) dengan Kantor Pusat di Bandung - Jawa Barat

Pada tahun 1958 Perkebunan Teh ini diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia (dinasionalisasi) dan dimasukkan dalam PPN Baru Kesatuan Jabar II. Pada tahun 1963 diadakan reorganisasi dan Perkebunan Gunung Mas dimasukkan kedalam PPN Antan VII. Mulai tanggal 1 Agustus 1971 status PNP XII berubah lagi menjadi PT Perkebunan XII (persero). Terhitung mulai tanggal 11 Maret 1996, PT. Perkebunan XII berubah lagi nama yaitu PT. Perkebunan Nusantara VIII (penggabungan dari PTP XI, PTP XII dan PTP XIII) dengan alamat Kantor Pusatnya saat ini di Jalan Sindangsirna No.4 Bandung.

Perkebunan Teh Gunung Mas ini  terletak di kawasan Puncak berjarak ± 80 KM dari Jakarta ke arah puncak dan memiliki  ketinggian antara 800 sampai 1.200 meter diatas permukaan laut dengan suhu rata-rata berkisar 12 - 22 °C, Dengan suhu udara yang sejuk ini menjadikannya sebuah kawasan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena tempat ini terasa sangat  nyaman untuk beristirahat, berekreasi ataupun pertemuan - pertemuan lainnya.

Kawasan Gunung Mas ini memiliki keragaman objek wisata  diantaranya  berjalan santai di lingkungan kebun teh (Tea Walk),wisata petualangan ada disini. Akomodasi yang diperlukan pun tersedia, mulai dari tempat menginap, ruang pertemuan, live music bahkan catring pun dengan aneka hidangan lengkap bisa anda pesan.

Bagi Anda Pecinta Teh mungkin tempat ini sudah tidak asing lagi, sayangnya saya tidak sempat mampir ke tempat ini karena waktu yang terlalu sore sehingga kawasan ini sudah diselimuti oleh kabut.

Perkebunan Teh Gunung Mas (PTPN VIII) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indah Nurani

0 komentar:

Post a Comment