Teh Sangrai

Bagi para pecinta teh saatnya berkarya mengolah daun teh sendiri. Berikut adalah  langkah-langkahnya:

Step 1. Awalnya teh dipetik. Untuk teh yang ini kualitasnya justru lebih baik ketimbang yang ada dipasaran. Daun teh yang diambil adalah P+2 (yang dipegang di gambar), walaupun nggak semuanya sih..^^. P+2  ini katanya mengandung polifenol lebih banyak ketimbang daun yang ada dibawahnya, tapi kalo kebanyakan.. tehnya jadi lebih sepet, jadi dikira2 saja perbandingannya. Daun teh yang tadi sudah dipetik kemudian dingin-anginkan, dibolak-balik sampai agak layu.
Step 2. Setelah itu, teh mulai disangan (sangrai). Dibolak-balik diatas wajan tanah liat dengan sepotong bambu. Teh disangrai sampai smua tehnya layu dan berubah warna jadi lebih hijau.
Step 3. Ini nih step yang bikin ogah-ogahan kalo bikin teh. Setelah tehnya layu semuanya, kemudian teh diangkat dari tungku dan diletakan di ceting dari bambu…Teruuuus??? Yup, seperti digambar, Tehnya di remas-remas dalam keadaan panas. Tujuan step ini adalah mengeluarkan semua kadar air yang terkandung di dalam teh, jadi tehnya bisa benar-benar kering. Mungkin selain itu juga untuk mengeluarkan aroma tehnya.
Step 4. Setelah di remas2 tadi, teh kemudian disangrai sampai benar-benar kering. Setelah kering kemudian didinginkan lalu di simpan di wadah yang tertutup. Jadilah teh sangrai.
Selamat Mencoba!!

Teh Sangrai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indah Nurani

0 komentar:

Post a Comment