Grade Teh

Ternyata teh yang kita minum memiliki tingkatatan atau grade tertentu. Berikut adalah penjelasannya yang saya kutip dari artikel teh pada sebuah Blog

Whole Leaf
S (Souchong) : Biasanya berasal dari kuncup teh keempat yang berarti berasal dari pemetikan dengan cara kasar. Ini merupakan daun teh kualitas rendah.

FOP (Flowery Orange Pekoe): FOP itu adalah ukuran daun teh bukan nama jenisnya. Flowery sebenarnya mengarah kepada bentuk daun teh yang menyerupai bunga yang sudah dihancurkan.

OP (Orange Pekoe) : Orang sering salah mengira bahwa Orange Pekoe ini adalah jenis teh yang memiliki rasa jeruk, padahal OP ini adalah ukuran dari daun teh itu sendiri tidak ada kaitanya dengan rasa jeruk. OP merupakan ukuran teh dengan kualitas yang terbaik karena daun tehnya lebih menggulung dibandingkaan FOP.

Broken Leaf
P (Pekoe) : Ini adalah ukuran besar dari broken leaf grade. Biasanya P itu tidak berisi kuncup bunga teh.
BOP (Broken Orange Pekoe): Daun teh dihancurkan hingga menjadi serpihan yang berbentuk persegi.

Fannings dan Dust
Fannings : Ukuran ini biasanya sering ditemukan pada teh celup. Nama fannings itu sendiri berasal dari cara kuno yang memisahkan daun teh yang kecil-kecil dari daun teh besar dengan mengunakan kipas angin.
Dust : Ini adalah grade teh yang paling terbaik. Bentuknya hampir menyerupai seperti bubuk.

Modifikasi Tambahan
T (Tippy): Modifikasi ini digunakan pada whole leaf dan broken leaf grade untuk menyatakan bahwa dalam kemasan tidak terdapat pucuk daun teh.
G (Golden): Menjelaskan warna dari kuncup atau pucuk teh. Dan ini bisa menjadi pertimbangan yang menguntungkan dalam memilih teh.

Dalam memberi grade pada whole leaf, biasanya dimulai dari tingkatan yang terendah terlebih dahulu yaitu PS (Pekoe Saouchong) hingga tingkat yang paling tinggi. Lalu baru kemudian dimodifikasi seperti GFOP (Golden Flowery Orange Pekoe) yang menandakan kualitas yang lebih tinggi lagi.
 Bagi Anda Sobat Pecinta Teh semoga informasi ini dapat memberikan manfaat, salam ngeteh!

Grade Teh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indah Nurani

2 komentar:

  1. Sy mau beli teh tjatoet dan teh 2 tang giman caranya?

    ReplyDelete
  2. Sy ingin beli teh tjatoet dan teh 2 tang gimana caranya

    ReplyDelete