Perusahaan Teh di Indonesia

Teh Tjong Tji diproduksi oleh Perusahaan Teh Dua Burung, Tegal, Indonesia sejak tahun 1938. Ciri khasnya adalah aromanya tidak terlalu kentara sehingga membuat ketagihan. Selain itu bisa bertahan cukup lama (awet). Teh ini diproduksi dengan menggunakan daun teh yang paling muda(pucuk-pucuk yang baru tumbuh). Untuk mempopulerkan brand ini mereka menggunakan strategi menjual teh di gerai-gerai kecil di pusat-pusat perbelanjaan.Teh ini baik untuk kesehatan dan mengurangi stres.


Teh Cap Botol milik Sosrodjojo diproduksi sejak tahun 1940 oleh PT. Gunung Slamat yang produknya antara lain Teh Cap Poci, Teh Cap Berko, Teh Cap Terompet, Teh Cap Sepatu, Teh Celup Sosro dan juga pemasok bahan baku untuk PT. Sinar Sosro dengan produknya Teh Botol Sosro, Fruit Tea, dan S-tee serta Tebs.

Teh cap Poci, terkenal di daerah Tegal sering disebut juga teh Slawi . Teh ini aromanya khas dan rasanya agak sepet, disajikan dengan gula batu. Biasanya diseduh air panas dalam poci gerabah, aromanya menjadi khas. Yang membuat rasanya menjadi seperti itu karena ketika teh diseduh air panas, gerabah yang berpori-pori itu bereaksi dengan teh dan menimbulkan aroma yang khas. Kebiasaan minum teh poci atau moci telah menjadi tradisi bagi orang Tegal, ini disebabkan pertumbuhan pabrik-pabrik teh di Tegal pada tahun 1930-an yang menyebabkan timbulnya tradisi itu. Minum teh menjadi gencar sejak zaman kolonial hingga kini dan sudah menjadi budaya lokal.

Teh Sosro memiliki beberapa pabrik yang tersebar di Jawa dan Sumatera. Bahan baku Teh Sosro dipilih hanya dari pucuk daunTeh terpilih dan terbaik, yang dipetik dari perkebunan milik sendiri.

Teh Gopek diproduksi oleh PT Gopek Cipta Utama, Slawi. Aromanya tidak menyengat. Enak dikonsumsi dalam keadaan hangat dan dingin.

Teh Dua Tang dan Teh Tjatoet yang diproduksi oleh PT. Tunggul Naga, Tegal, Indonesia.

Perusahaan Teh di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indah Nurani

0 komentar:

Post a Comment