PENYEBARAN TEH DUNIA

A.Jalur Sutera

Pada masa pemerintahan Dinasti Han Tang Soon dan Yuan, komoditasTeh diperkenalkan ke dunia luar ( dari Cina ) melalui pertukaran kebudayaan menyeberangi Asia Tengah menyelusuri Jalur Sutera.

B. East India Company


Tahun 1644, East India Company (perusahaan perdagangan Inggris) membuka kantor di Xiamen. Pada masa itulah, daun Teh dikenal umum sebagai minuman yang diseduh dengan air panas. Dan tahun 1669, East India company mendapatkan lisensi mendatangkan komoditasTehTeh sampai dengan tahun 1833. dari Cina ke Inggris dengan menggunakan kapal Elizabeth I selama sembilan tahun memonopoli perdagangan.

C.Boston Tea Party

East India Company pada tahun 1773 boleh berdagang Teh langsung dari Cina ke Amerika (yang pada saat itu masih termasuk ke dalam koloni bangsa Inggris) dengan memotong jalur perdagangan dan perpajakan yang merugikan eksportir Eropa dan Importir Amerika. Peristiwa itu mengakibatkan marahnya penduduk Boston, dan pada saat kapal pengangkut komoditas TehTeh kedalam laut peristiwa itu dikenal sebagai BOSTON TEA PARTY yang berakibat pula tercetusnya revolusi Bangsa Amerika terhadap penjajahan bangsa Inggris. merapat di pelabuhan Kota Boston, maka serentak penduduk kota tersebut menaiki kapal dan membuang seluruh peti yang berisi komoditas


D.Masuknya Teh Ke Indonesia


Teh dikenal di Indonesia sejak tahun 1686 dibawa oleh orang Belanda bernama Dr. Andreas Cleyer. Pada saat itu penggunaannya hanya sebagai tanaman hias.


Pada tahun 1728, pemerintah Belanda mulai memperhatikan Tehdengan mendatangkan biji-biji Teh secara besar-besaran dari Cina untuk dibudayakan di pulau Jawa.

Tahun 1824 Dr.Van Siebold seorang ahli bedah tentara Hindia Belanda yang pernah melakukan penelitian di Jepang mempromosikan usaha pembudidayaan dengan bibit Teh dari Jepang.

Usaha perkebunan Teh pertama dipelopori oleh Jacobson pada tahun 1828 dan sejak itu menjadi komoditas yang menguntungkan pemerintah Hindia Belanda, sehingga pada masa pemerintahan Gubernur Van Den Bosh, Teh menjadi salah satu tanaman yang harus ditanam rakyat melalui politik Tanam Paksa ( Culture Stetsel ).

Pada masa kemerdekaan, usaha perkebunan dan perdagangan Teh diambil alih oleh pemerintah RI. Sekarang, perkebunan dan perdagangan Teh juga dilakukan oleh pihak swasta.

PENYEBARAN TEH DUNIA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indah Nurani

0 komentar:

Post a Comment