Khasiat Teh Basi

Manfaat teh basi – Pernahkan anda menyangka bahwa sesuatu yang menjadi sampah bisa di gunakan lagi untuk di gunakan ke hal yang positif dari pada di buang percuma. Misalnya saja sampah organik yang dapat kita manfaatkan sebagai bahan untuk membuat pupuk kompos dengan begitu sampah tersebut dapat kita gunakan semaksimal mungkin seperti halnya manfaat dari teh basi ini. Walaupun terbilang basi namun banyak orang yang masih memanfaatnya di berbagai bidang mulai untuk menyehatkan rambut, menyehatkan kulit, menyehatkan mata dan lain sebagainya.

Karena teh terbuat dari bahan-bahan yang alami yaitu daun teh sehingga akan aman bila di gunakan dalam waktu yang lama seperti tidak ada efek sampingnya. Bicara tentang teh terdapat banyak jenis teh di dunia dari yang biasa hingga yang berkualitas terbaik. Dari kita mengkonsumsi sebagai minuman saja sudah banyak manfaatnya bagi tubuh kita apalagi memanfaatkannya semaksimal mungkin dari teh yang sudah basi. Dari seduhan teh sendiri jika kita minum akan memberikan dampak baik bagi kesehatan kita pasalnya teh yang baru di sedu terdapat polifenol yaitu zat antioksidan dimana akan membantu menangkal/menyingkirkan radikal bebas yang masuk ke tubuh kita.

Dalam penyajian teh sebaiknya jangan sampai di sedu hingga beberapa kali cukup satu kali dan setelah itu dapat di buang antau dimanfaatkan untuk hal yang lain seperti di buat pupuk juga bisa. Sebab jika kita menyedu teh beberapa kali maka polifenol yang dikandungnya akan menghilang begitu juga saat kita mendiamkan teh hingga berjam-jam. Selain itu jangan mengkonsumsi teh terlalu pekat dan terlalu banyak sebab dapat berdampak pada pencernaan anda. Karena jika kita mengkonsumsi teh setiap hari dengan jumlah 3-4 cangkir dan tingkat kepekatan seimbang akan berdampak baik untuk pencernaan seperti mengobati diare namun jika kita mengkonsumsi berlabihan akan berdampak balik yaitu mengganggu pencernaan anda.

Untuk manfaat teh sendiri ada banyak sekali dan juga tergantung pula pada jenis teh itu sendiri namun secara umum teh dikatakan dapat menghindari anda dari kanker, jantung, stres, kulit keriput dan lain sebagainya. Untuk mengkonsumsi teh sendiri dapat di konsumsi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa namun saran kami jika bagi anak-anak sebaiknya jangan mengkonsumsi terlalu banyak sebab kandungan teh dapat menurunkan kolesterol, kolesterol sendiri justru di butuhkan oleh anak-anak.

Manfaat teh basi

Kembali ke topik awal manfaat dari teh basi itu sendiri, sebetulnya teh basi dapat kita manfaatkan begitu banyak. Teh basi sendiri merupakan teh yang sudah di diamkan dan tidak diminum selama satu malam sehingga menjadi basi setelah basi biasanya banyak orang membuangnya begitu saja namun taukah anda bahwa teh basi juga dapat mempercantik dan menyehatkan kita.


- Manfaat untuk kulit

Untuk mendapatkan kulit yang sehat berseri tanpa ada keriput sebaiknya gunakan teh basi untuk hal ini. Dari teh basi yang sudah di diamkan semalaman lalu pada keesokan harinya kita gunakan untuk mencuci muka dan gunakan daunnya (ampas) seperti saat menggunakan scrub dan lakukan setiap harinya. Sebetulnya untuk hal ini bukan hanya untuk meremajakan kulit saja namun ada pula manfaat lainnya yaitu mengangkat sel kulit mati, menghilangkan jerawat, mengatasi komedo, menghilangkan flek hitam, membersihkan kulit dan lain sebagainya.


- Manfaat untuk rambut

Ada juga yang memanfaatkan teh untuk kesehatan rambutnya, bagi anda yang memiliki rambut kusam dan ingin mencegah kerontokan pada rambut anda sebaiknya gunakan teh basi untuk mengatasinya. Caranya dengan keramas menggunakan air teh basi tapi yang belum tercampur gula ya, gunakan cara ini setiap harinya maka rambut anda akan sehat, bekilau dan kuat.


- Manfaat untuk mata

Selain dapat membuat kulit sehat dan rambut ternyata kegunaan teh basi tidak cukup sampai di situ saja namun untuk kesehatan mata juga bisa. Bagi anda yang terlalu lama di depat layar monitor dan berkeluh dengan matanya yang agak kabur sebaiknya gunakan teh basi tersebut. Caranya dengan menyelupkan muka anda ke teh basi lalu anda buka mata saat masih tercelup sebab teh tersebut dapat menyehatkan mata anda agar dapat jernih kembali.


(sumber : tipsku.info)

Khasiat Teh Basi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indah Nurani

0 komentar:

Post a Comment