Bahaya Teh Celup

Benarkah teh celup berbahaya? Sebenarnya yang membuat teh celup bisa membahayakan untuk kesehatan adalah kemasannya bukan tehnya. kemasan teh celup terbuat dari kantong kertas kecil yang berserat renggang.

Pada umumnya kertas dibuat dari pulp (bubur kertas), yang terbuat dari bahan kayu, bubur ini berwarna coklat tua, untuk membuat serat pulp itu berwarna putih, digunakan sejenis bahan kimia pemutih yang terbuat dari senyawa chlorine yang sangat pekat. Sayang dalam prosesnya, chlorine ini tetap tertinggal dalam produk kertas karena tidak dilakukan penetralan karena biayanya sangat tinggi. Kertas semacam inilah yang kemudian digunakan sebagai kantong teh celup.

cara yang aman dalam mengkonsumsi teh celup adalah dengan menghindari mencelupkan kantong teh terlalu lama, karena Anda tentu berpikir bahwa semakin lama Anda merendam teh celup itu dalam air panas, semakin banyak sari teh yang tertinggal dalam cangkir Anda. Namun yang terjadi justru sebaliknya. Akan semakin banyak kandungan chlorine di kantong teh celup yang larut dalam teh Anda, apa lagi kalau Anda merendamnya lebih dari 3 menit.

perlu Anda ketahui bahwa chlorin juga dapat menyebabkan kanker, kemandulan, keguguran dan keterbelakangan mental.

oleh karena itu hati-hatilah dalam menyajikan teh celup saran saya lebih baik menggunakan teh seduh walau ribet dan kurang praktis tapi keamanaan dan kesehatannya lebih terjamin.

Bahaya Teh Celup Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indah Nurani

0 komentar:

Post a Comment